SOSIAL MEDIA DAN SOSIAL NETWORK

MEDIA SOSIAL

Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat.

Jika dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa menyampaikan pendapat secara terbuka karena satu dan lain hal, maka tidak jika kita menggunakan media sosial. Kita bisa menulis apa saja yang kita mau atau kita bebas mengomentari apapun yang ditulis atau disajikan orang lain. Ini berarti komunikasi terjalin dua arah. Komunikasi ini kemudian menciptakan komunitas dengan cepat karena ada ketertarikan yang sama akan suatu hal.

Bentuk-bentuk pembelajaran yang bisa dimanfaatkan menggunakan situs jejaring sosial ini seperti:
1.Membuatkan grup yang dengan yang membahas satu bidang misalnya sistem informasi.
2.Membuat batasan grup secara umum ataupun hanya terbatas daerah, sekolah ataupun terbatas          pelajaran tertentu saja.
3.Membuat kelompok kecil yang terdiri dari belasan orang yang hanya menerima anggota setelah disetujui.
4.Mengirimkan pesan ke seluruh anggota dan meminta tanggapan.
Potensi-potensi yang terdapat disitus jejaring sosial inilah dapat meningkatkan proses pembelajaran secara digital. Selain potensi positif, juga terdapat bahaya untuk privasi atau area pribadi karena masing-masing pengguna mempublikasikan profil mereka secara terbuka. Untuk mengantisipasinya bisa dengan mengatur setting dan mempertimbangkan mana yang harus ditampilkan ke publik dan mana hanya untuk pribadi. Sedangkan media sosial sendiri adalah salah satu akibat dari kemajuan teknologi yang secara perlahan menjadi alternatif teknologi yang monolog dan statis seperti televisi, koran, radio dan majalah. Karena perkembangan mutakhir, teknologi-teknologi web baru memudahkan semua orang untuk membuat dan menyebarkan kontennya sendiri, seperti video di Youtube, post di blog, tweet yang dapat direproduksi dan dilihat oleh jutaan orang secara gratis.

Menurut Dan Zarella di bukunya “The Social Media Marketing Book” media sosial mempunyai banyak bentuk, Dan Zarella membaginya menjadi delapan bentuk media sosial yang paling populer yaitu blog, microblog, jejaring sosial, situs media-sharing, social bookmark dan berita sosial, situs rating dan review, forum dan dunia virtual.

1.    Blog
Blog adalah sejenis sistem manajemen konten (Content Management System/CMS) yang memudahkan siapa saja untuk mempublikasikan tulisan-tulisan pendek yang dinamakan post. Blogging dimulai pada tahun 1999, ketika LiveJournal dan Blogger diluncurkan. Para pengguna blog dapat membuat blog sendiri secara gratis tanpa memerlukan kemampuan teknis yang tinggi. Di Indonesia, blog yang paling populer adalah WordPress dan Blogspot dimana menurut salingsilang.com report – February 2011 blog Indonesia tercatat sekitar 4 juta lebih, dengan 80% menggunakan blogspot, dan 14,5% menggunakan WordPress. Dan hanya 32,7% yang meng-update blog nya selama 3 bulan terakhir.

2.    Microblog
Pada Mei 2007, sudah beroperasi sekitar 111 microblogging system, Twitter, yang diciptakan pada Maret 2006 menjadi yang paling populer. Twitter mulai populer pada paruh pertama 2009 setelah para selebriti terkenal di Amerika menjadi anggotanya. Microblog itu sejenis situs media sosial yang membatasi ukuran setiap post-nya (karakter). Akibat dari pembatasan ini melahirkan fitur-fitur, protokol-protokol dan perilaku yang sangat unik di media ini. Menurut Dan Zarella, meskipun Twitter sekarang sangat dominan, dominasi ini tidak akan berlangsung selamanya.

3.    Jejaring Sosial
Era modern jejaring sosial dimulai pada tahun 2002, ketika Jonathan Abrams meluncurkan Friendster. Jejaring Sosial adalah situs yang menjadi tempat orang-orang berkomunikasi dengan teman-teman mereka, baik yang mereka kenal di dunia nyata maupun di dunia maya. Situs jejaring sosial menyediakan sejumlah layanan untuk berinteraksi seperti plug-in application, group dan halaman fan. Jejaring sosial menitikberatkan pada koneksi yang erat antarorang- orang-orang yang Anda kenal pada kehidupan nyata dibandingkan dengan yang hanya kenal di dunia maya. Jejaring sosial membatasi jumlah orang yang bisa Anda ajak berteman pada suatu waktu tertentu, dengan tujuan untuk mencegah spammer yang berusaha membangn jaringan raksasa. Ada 3 jejaring sosial yang paling populer saat ini, yaitu Facebook, LinkedIn dan MySpace.

4.    Situs Media-Sharing
Situs-situs Media-Sharing membuat para pengguna dapat berbagi banyak jenis media, dan situs-situs tersebut memiliki banyak fitur. Di sini kita dapat membuat dan mengunggah konten multimedia, yang terkadang disebut User Generated Content. Situs media sharing yang cukup populer adalah youtube, flickr dan slideshare. Situs media-sharing memudahkan pengguna untuk membuat, menyebarluaskan konten multimedia ke ribuan atau jutaan pengguna.

5.    Berita Sosial dan Social Bookmark
Situs berita sosial memungkinkan para penggunanya men-submit konten-konten dan melakukan voting untuk konten-konten tersebut dari seluruh web. Proses voting ini turut memilah tautan-tautan yanp paling menarik. Sedangkan situs social bookmarking menawarkan kepada para pengguna untk mengoleksi dan menyimpan tautan-tautan menarik yang mereka temukan dan ingin mereka kunjungi lagi. Situs-situs yang populer adalah Digg, Reddit, StumbleUpon, dan Delicious. Media ini merupakan tempat yang bagus untuk mengundang ribuan pengunjung dan ratusan tautan ke halaman tertentu.

6.    Situs Rating dan Review
Saat ini Yelp merupakan direktori review terbesar, yang merupakan perpaduan antara jejaring sosial, rating, komunitas pertemanan, dan beragam tool untuk para pebisnis. Situs ini sangat bermanfaat untuk pegawai pamasaran terutama situs yang terfokus pada bisnis lokal.

7.    Forum
Forum merupakan jenis media sosial yang paling tua, forum merupakan community bulletin board yang digunakan untuk saling kirim email, chatting, dan mengakses piranti lunak. Fokus forum adalah diskusi. Para pengguna dapat mengeposkan konten ke forum ini dan orang lain akan meresponnya. Forum merupakan tempat yang sangat tepat untuk membangun reputasi online dalam bidang tertentu.

8.    Dunia Virtual
Dunia virtual mulai muncul dengan fokus pada game-game terkenal seperti World of Warcraft dan game-game online lainnya. Dunia virtual menawarkan kesempatan untuk memberi audiens suatu pengalaman-pengalaman yang unik dan dashyat.

SOCIAL NETWORK

Social Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.

Layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs social networking yang populer dewasa ini antara lain facebook dan twitter.

 

Leave a comment